Abstract:
Pada tahun 2015, Tiongkok mengumumkan strategi industri yang ambisius yaitu strategi
“Made in China 2025,” melalui strategi ini Tiongkok berharap untuk memajukan sektor
industrinya dengan memasuki Revolusi Industri ke-4 atau Revolusi Industri 4.0, dan menjadi
salah satu negara industri manufaktur kuat di dunia. Dalam penelitian ini, penulis akan
memaparkan implementasi Made in China 2025 terutama pada bidang produksi berserta
teknologi-teknologi Revolusi Industri ke-4 yang dimanfaatkan, dan memberikan gambaran
umum mengenai pertumbuhan industri Tiongkok serta karakteristiknya dari tahun 2006 hingga
dengan Januari 2019. Penulis berhasil menemukan bahwa implementasi Made in China 2025
dijalankan di bawah dorongan kuat dari Tiongkok melalui perencanaan yang jeli dari Tiongkok
dalam melakukan pengalokasian sumber daya baik itu modal maupun manusia. Dengan
terpenuhinya kebutuhan modal, ketenagakerjaan, sebuah industri baru bisa berkembang
semakin depan dan menjadi semakin kuat, dan dukungan dari negara membuat perusahaan
seperti ZPMC, COMAC, Winsun, Baidu, Alibaba, Tencent, Jd, dsb. menjadi percaya diri untuk
terus berlangkah kedepan dan bersaing dalam pasar internasional.